Beranda / Berita / PAC ANSOR Dan UPZISNU MWCNU Sungai Rumbai adakan penyemprotan Foging
PAC ANSOR  Dan UPZISNU MWCNU Sungai Rumbai  adakan penyemprotan Foging
Bagikan

PAC ANSOR Dan UPZISNU MWCNU Sungai Rumbai adakan penyemprotan Foging

By Admin LazisNU | 01/09/2022 - 17:11 WIB

Menyikapi semakin meningkatnya kasus infeksi Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Sungai Rumbai, Rabu (31/08) PAC ANSOR  Dan UPZISNU MWCNU Sungai Rumbai  adakan penyemprotan Foging.

“Semakin banyaknya masyarakat yang terjangkit DBD tersebut menggugah PAC Ansor Sungai Rumbai bekerjasama dengan UPZISNU Kecamatan Sungai Rumbai mengambil langkah dan tindakan dengan melakukan penyemprot fogging di desa-desa yang masyarakatnya terjangkit DBD. Dalam aksi sosial tersebut PAC Ansor mengerahkan pasukan Banser sebanyak 15 personil serta di bantu Relawan dari UPZISNU MWCNU Sungai Rumbai,” Jelas Ketua PC GP Ansor Kabupaten Mukomuko, Teguh Wibowo.

Hal senada disampaikan Ketua PAC Ansor Sungai Saprianto bahwa Aksi ini dilakukan atas dasar keprihatinan terhadap wabah DBD yang sedang marak di wilayah Sungai Rumbai. Foging tersebut juga menurutnya guna melanjutkan Fogging yang pernah dilakukan oleh Dinas Kesehatan, karena Fogging yang dilakukan oleh Diknas belum merata di semua wilayah Kecamatan Sungai Rumbai.

Hal tersebut juga diungkapkan Komandan Banser Sungai Rumbai, Nariman. Ia berharap masyarakat agar waspada memasuki musim pancaroba. Walaupun musim penghujan sudah berangsur selesai, Nariman berharap agar masyarakat tetap waspada terhadap virus Demam Berdarah ini.

“Karena virus ini menyebar dengan perantara nyamuk, sehingga perlu membasmi habitat nyamuk aedes aegypti ini,” Jelas Nariman.

Lebih lanjut Nariman mengatakan bahwa aksi ini dilakukan atas dasar kemanusian membantu  giat fogging di lingkungan karena ada beberapa warga positif terinveksi DBD. Ia menegaskan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian serta responsif  PAC Ansor dan UPZISNU MWCNU Sungai Rumbai atas musibah bencana yang menimpa warga.

 “Upaya pencegahan DBD dapat dilakukan melalui 3M yaitu menguras, menutup dan memanfaatkan kembali limbah. Selain itu ada beberapa cara lain yang dinilai bisa memberantas nyamuk, seperti memelihara ikan pemakan jentik/telur nyamuk, gotong royong membersihkan lingkungan, rajin memeriksa tempat-tempat penampungan air, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup, dan memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras,” pungkas Nariman.

Sementara itu, Jumadi kades setempat menyampaikan terima kasih atas partisipasi PAC Ansor, Banser dan UPZISNU MWCNU Kecamatan Sungai Rumbai dalam upaya pemberantasan nyamuk demam berdarah di lingkungannya.

Ketua UPZISNU MWCNU Kecamatan Sungai Rumbai, Amin Soleh mengatakan bahwa kegiatan kemanusiaan tersebut berkat kerjasama antara UPZISNU MWCNU dan PAC Ansor Sungai Rumbai. Menurut Amin, Alat dan Obat diadakan oleh Sahabat-sahabat Ansor, sedangkan UPZINU membantu tenaga dan alat angkutan berupa Ambulance.

MUSTOPA SHI

Kategori:
Kemanusiaan

Berita Terkini