Beranda / Berita / Demi Kemajuan, Lazisnu Mukomuko Berguru ke Lazisnu Magelang
Demi Kemajuan, Lazisnu Mukomuko Berguru ke Lazisnu Magelang
Bagikan

Demi Kemajuan, Lazisnu Mukomuko Berguru ke Lazisnu Magelang

By Admin LazisNU | 07/07/2021 - 08:42 WIB

Dalam rangka menjalin silaturohim dan menimba ilmu tentang managemen internal lembaga, Rabu (30/06), Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdaltul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Mukomuko mengadakan study banding ke NU Care Lazisnu Kabupaten Magelang. Kunjungan diterima oleh Sekretaris PCNU Kabupaten Magelang, SG. Najib Chaqoo, MA, Komisaris Utama BNU Syariah, Alif Ramdloni, Manager BUMNU, Wawan dan Admin Lazisnu Kabupaten Magelang, Yasin.

Study Banding yang diikuti oleh enam personil Lazisnu Mukomuko yaitu Wahid Nursodik, M. Riadi, S.Pd.I, Subhan Asy’ari, M. Nasihin, Fathur Rohman SH dan Mustopa, SHI ini disuguhi dengan materi dan pengalaman yang telah dialami dan dilakukan PCNU Kabupaten Magelang terutama terkait pengelolaan Lazisnu.

“Yang perlu dipersiapan sedari awal adalah SOP atau petunjuk teknis dalam menjalankan Lembaga, agar dalam menjalankan program ada aturan main yang jelas, semisal terkait prosentase perolehan KOIN, pentasayarufan dan lainya, sehingga tidak terjadi benturan dikemudian hari,” Jelas Sekretaris PCNU Kabupaten Magelang,  SG. Najib Chaqoo, MA

Menurut Najib pengelolaan zakat, infak dan sedekah yang di dalamnya terdapat KOIN NU harus dijalankan oleh amil yang memiliki integtritas dan kompetensi, oleh karena itu ditetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Lazisnu tentang program gerakan KOIN.

Hal senada disampaikan Komisaris Utama BNU Syariah, Alif Ramdloni. Ia menyampaikan konsep dan strategi sitem gerakan bersyirkah dengan NU dengan mengajak semua warga NU untuk bersyirkah muawanan untuk membangun sistem gerakan dakwah NU.

“bagi yang memiliki jabatan, otoritasnya untuk membantu NU, bagi yang mempunyai usaha, usahanya bisa dititipi dagangan NU, bagi yang memiliki ilmu, pengetahuan profesiya untuk mengembangkan usahan NU”, Jelasnya.

Setelah diskusi terkait pergerakan KOIN, Badan Usaha dan lainya, Lazisnu Mukomuko diajak untuk melihat secara langsung proses produksi salah satu Badan Usaha milik NU di Kabupaten Magelang, yaitu usaha pengolahan air minum yang diberi label Barik. Tempat usaha tersebut berada di Kecamatan Kaliangkrik tepat berada di seberang kantor MWCNU Kecamatan kaliangkrik.

Ketua Lazisnu Mukomuko, Wahid Nurshodik mengucapkan terima kasih atas sambutan dan sharing ilmu pengalaman yang telah diberikan oleh segenap pengurus PCNU Kabupaten Magelang, NUCARE Lazisnu Kabupaten Magelang, Bank NU Kabupaten Magelang dan BMNU Kabupaten Magelang.

“Magelang memang luar biasa, lompatan keberhasilanya sangat jauh, letusan keberhasilnyanya mencengangkan, dalam waktu sekejap bisa sukses dalam gerakan koin, bisa mendirikan bank NU, BMNU dan dalam bidang kesehatan sudah memiliki ambulan sebanyak 26 unit,” papar Wahid.

Menurut Wahid, dengan ilmu, pengalaman dari keberhasilan di Magelang, ia akan menyusun sistem dan strategi yang sekiranya dapat dilakukan dan diterapkan di Lazisnu Mukomuko.  (Mustopa)

Kategori:
Sosial

Berita Terkini